Selasa, 11 Januari 2011







 


























BAHAN KULIAH
ALGORITMA DAN PEMOGRAMAN
KELAS J
PANJI PRAYOGASWARA
0651 10  271





UNIVERSITAS PAKUAN
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
2010/2011

PENJELASAN BAHASA PEMOGRAMAN TURBO C + +

C + + adalah bahasa pemrograman tujuan umum ditemukan pada awal 1980-an oleh Bjarne Stroustrup di Bell Labs. It is similar to C, invented in the early 1970s by Dennis Ritchie, but is a safer language than C and includes modern programming techniques such as object oriented programming . Hal ini mirip dengan C, diciptakan pada awal tahun 1970 oleh Dennis Ritchie, tetapi adalah bahasa lebih aman daripada C dan termasuk teknik pemrograman modern seperti pemrograman berorientasi obyek .
You can read more about object oriented programming . Anda dapat membaca lebih lanjut tentang pemrograman berorientasi objek . In fact C++ was originally called C with Classes and is so compatible with C that it will probably compile more than 99% of C programs without changing a line of source code . Bahkan C + + awalnya disebut C dengan Kelas dan sangat kompatibel dengan C yang mungkin akan mengkompilasi lebih dari 99% dari program C tanpa mengubah baris kode sumber . This was a deliberate design feature by the designer. Ini adalah fitur desain yang disengaja oleh desainer. Here is a short overview and history of C++. Berikut ini adalah singkat gambaran dan sejarah dari C + +.
Definisi: Object Oriented Programming (OOP) adalah sebuah metode pengembangan perangkat lunak yang model dunia nyata menggunakan benda-benda . For example a driving simulation might have road objects, vehicle objects and possibly human objects. Misalnya simulasi mengemudi mungkin memiliki objek jalan, kendaraan dan mungkin benda benda manusia.
An object is a self contained item of data that can only be accessed or changed in a controlled way. Sebuah objek adalah barang yang lengkap data yang hanya dapat diakses atau diubah dalam cara yang terkontrol. This prevents side effects- a common problem in procedural (non object ) code where data is globally accessible. Hal ini mencegah efek samping-masalah umum dalam prosedural (non objek) kode dimana data diakses secara global. Objects can receive or send messages to other objects by calling their methods . Objek dapat menerima atau mengirim pesan ke objek lain dengan menelepon mereka metode .
Objects can be defined in terms of existing objects- this is known as inheritance. Objek dapat didefinisikan dalam hal obyek yang sudah ada-ini dikenal sebagai warisan. For an indepth look at OOP, see the article on Object Oriented Programming. Untuk melihat mendalam di OOP, lihat artikel tentang Pemrograman Berorientasi Objek.
Definisi: Source code adalah instruksi yang dapat dibaca manusia yang programmer menulis. Here is an example of some C++ code Berikut adalah contoh dari beberapa C + + kode
void Rectangle::MoveTo (int newx, int newy) { x = newx; y = newy; } void Rectangle::RMoveTo (int dx, int dy) { x += dx; y += dy; } 
Programmers use a compiler to turn source code into machine code that the computer can execute. Programmer menggunakan compiler untuk mengubah kode sumber ke dalam kode mesin yang komputer dapat mengeksekusi.
Some programming languages like JavaScript are not compiled into machine code but are interpreted instead. Beberapa bahasa pemrograman seperti JavaScript yang tidak dikompilasi ke dalam kode mesin tetapi ditafsirkan sebagai gantinya.
Tahun Penciptaan?:
Between 1979 and 1983. Antara 1979 dan 1983. C++ hit the ground running and within five years was starting to be used seriously to develop applications , particularly on PCs where it quickly became the top language and has remained there since. C + + menghantam tanah berjalan dan dalam waktu lima tahun mulai digunakan secara serius untuk mengembangkan aplikasi , terutama pada PC tempat itu dengan cepat menjadi bahasa atas dan tetap ada sejak.
Why was C++ Invented?: Mengapa C + + Diciptakan?:
C++ was intended to be a fusion of features from the somewhat slowish language Simula with the speed and efficiency of C . C + + ini dimaksudkan untuk menjadi perpaduan fitur dari bahasa Simula slowish agak dengan kecepatan dan efisiensi C . The first version was called C with Classes and by the end of 1983 it was called C++. Versi pertama disebut C dengan Kelas dan pada akhir tahun 1983 itu disebut C + +. Whether the name came from Orwellian Newspeak in the book 1984 as in Double Plus Good or just the Post Op Increment ( Variable ++ ) is not entirely clear Apakah nama itu berasal dari Orwellian Newspeak dalam buku tahun 1984 sebagai di Double Plus Baik atau hanya Post Op Penilaian Kembali (Variabel + +) tidak sepenuhnya jelas
Contoh program C++ :
1
//program02.cpp
2
#include <iostream.h>

3
void main()
4
{

5
cout<<"Hai. Selamat belajar C++";
6
}
Program diatas dapat kita simpan dengan nama “program02.cpp“.
Fungsi main()
Program C++ tidak dapat dipisahkan dari fungsi karena fungsi adalah salah satu dasar penyusun blok pada C++. Sebuah program C++ minimal mengandung sebuah fungsi yaitu fungsi main().
Fungsi ini menjadi awal dan akhir eksekusi program C++.
main adalah nama judul fungsi. Dimulai dari tanda { sampai dengan } disebut tubuh fungsi, atau semua yang terletak didalam tanda {} disebut blok.
Tanda () digunakan untuk mengapit argumen fungsi, yaitu nilai yang akan dilewatkan ke fungsi. Kata void yang mendahului main() dipakai untuk menyatakan bahwa fungsi ini tidak mempunyai nilai balik (return value). Di dalam tanda {} bisa terkandung sejumlah unit yang disebut pernyataan (statement).
Pernyataan
Perhatikan baris kode dibawah ini :
1
cout<<“Hai. Selamat belajar C++”;
Baris tersebut merupakan sebuah pernyataan yang digunakan untuk menampilkan tulisan yang terletak pada sepasang tanda petik ganda ke layar. Tulisan yang terletak pada sepasang tanda petik ganda disebut string. Setiap pernyataan harus diakhiri dengan tanda titik koma (;).
Mengenal cout
Pengenal cout merupakan sebuah obyek yang disediakan oleh C++ untuk mengarahkan data ke standard output (normalnya layar). Tanda << merupakan operator yang disebut operator “penyisipan / peletakan”.
1
cout<<“Hai. Selamat belajar C++”;
Operator ini mengarahkan operand (data) yang di sebelah kanannya ke obyek yang dikirinya. Pada contoh diatas, string “Hai. Selamat belajar C++” diarahkan ke cout yang memberikan hasil berupa tampilan string tersebut ke layar.
#include <iostream.h>
Baris tersebut bukanlah sebuah pernyataan, itulah sebabnya tidak diakhiri dengan tanda titik koma. Baris tersebut menginstruksikan kepada kompiler untuk menyisipkan file lain (iostream.h) saat program dikompilasi. File-file berakhiran .h disebut file header, yaitu file-file yang berisi berbagai deklarasi seperti fungsi, variabel, dll.
Pada contoh, file iostream.h perlu disertakan pada program yang melibatkan obyek cout. Karena file iostream.h berisi deklarasi yang diperlukan oleh cout dan berbagai obyek yang berhubungan dengan masukan dan keluaran pada stream.
clrscr()
Pernyataan clrscr() digunakan untuk membersihkan layar. Jika menggunakan pernyataan tersebut, maka baris berikut perlu disertakan :
1
#include <conio.h>
Contoh penggunaan clrscr() :
1
//program03.cpp
2
#include <iostream.h>

3
#include <conio.h>
4


5
void main()
6
{

7
clrscr();
8
cout<<"Hai. Selamat belajar C++";

9
}
Gaya Penulisan Program
C++ memberikan keleluasaan kepada pemrogram untuk dalam menuliskan bentuk atau gaya program. Contoh :
1
//program04.cpp
2
#include <iostream.h>

3
#include <conio.h>
4


5
void main() { clrscr(); cout<<"Hai. Selamat belajar C++"; }








FILE HEADER
Beberapa karakter yang terletak pada permulaan suatu file yang tersimpan di dalam disk. File header ...
Keterangan pada margin bagian atas yang ada pada hampir setiap halaman.
Arsip yang disimpan dalam suatu media, yang terdiri dari kumpulan karakter, dan didokumentasikan ...
Baris awal dari berita e-mail atau news group yang berisi informasi tentang berita, pengirim, ...
Lubang bulat panjang pada selubung floppy disk yang memungkinkan kepala baca/tulis mengakses ...
Suatu tanda yang menyatakan akhir dari suatu file, misalnya seperti yang diterapkan pada pita ...
Struktur awal, misal record pembuka, pada organisasi linear suatu file atau komunikasi yang ...
Suatu rangkaian huruf, angka dan tanda-tanda tertentu yang diberikan ke suatu file, yang ...
Record yang terletak paling awal dari suatu data, biasanya berisi informasi tentang field data pada ...
File binari yang berisi gambar grafis dari form, terbentuk ketika programmer menyusun program dengan ...
File yang menyimpan kode sumber bagi elemen-elemen dari aplikasi yang ada di file Form. Sebuah file ...
File list, daftar file. Deretan dari file-file yang terdapat dari suatu media penyimpanan ...
Setiap file dalam media penyimpan memiliki tanda pengenal atau ciri-ciri yang menyatakan jenis file ...
Panjang sebuah file, biasanya dinyatakan dalam byte. File komputer yang disimpan dalam disk ...
Nama yang diberikan pada sebuah file oleh pembuatnya. Tujuannya adalah supaya mudah diingat dan ...



Merupakan file data yang disusun dalam format pengkodean ASCII. Dengan berbagai kaidah khusus, maka ...
Akses file. Metode yang menunjukkan bagaimnan suatu program komputer akan membaca record-record dari ...
Format File. Suatu jenis program atau file data. Format file citra antara lain JPG, BMP, TIFF, PICT, ...
Server File. Suatu komputer yang berfungsi sebagai komponen penyimpanan jaringan lokal dan bisa ...
Metode pemberian nama file dan cara menempatkannya ke dalam media penyimpan, termasuk penempatan ...
Operasi pencarian ke seluruh file untuk menemukan file yang cocok dengan kriteria pencarian yang ...
Orgaisasi record dalam file pada penyimpanan data. Seringkali uraian mengenai struktur record juga ...
Faktor Penampil. Persentase bidang fisik pixel pencitraan yang dapat mendeteksi sinar. Sebagian ...
Kemampuan suatu jaringan untuk mengijinkan pemakaian file oleh beberapa pengguna pada saat yang ...
Kegiatan komputer di bawah kendali suatu software untuk membuka dan mengaktifkan file tertentu.
Modul dari sistem operasi atau lingkungan yang mengatur penematan fisik dan akses ke suatu group ...
Proses memidahkan kepala baca/tulis ke jalur yang tepat untuk membaca atau menulis data.
File location, lokasi file. Letak file pada media penyimpanan/storage/server.
Proses rekonstruksi file yang hilang atau tak dapat dibaca lagi. file hilang kalau dihapus dengan ...
Aktifitas pemindahan suatu arsip dari suatu storage ke storage lain dengan menggunakan program ...







Istilah lain dari Filename Extension.
Uraian mengenai file atau grup file yan diperlakukan secara bersama untuk suatu tujuan.
Flag yang dipakai sebagai garis batas antara dua file secara logika.
identitas;identity untuk menyatakan sifat dari suatu file.
Orang atau proses yang bertanggung jawab mengelola, mengarsip, menyalin dan menyediakan akses ...
Proses atau alat untuk menjaga eksistansi dan integrias file. Metoda file protection bisa berupa ...
Dalam pengelolaan berkas ini, sistem operasi melaksanakan kegiatan-kegiatan seperti: - Pembuatan ...
Kegiatan yang bertujuan untuk merawat agar informasi yang ada di dalamnya tetap akurat, up to date. ...
Pengorganisasian atau pengaturan dalam penyusunan file sehingga data yang disimpan dapat ditempatkan ...
Keadaan di mana suatu file dipecah-pecah pada disk menjadi segmen-segmen kecil yang terpisah secara ...
Tiga karakter terakhir pada nama sebuah file yang menentukan jenis file itu sendiri.
Merupakan dokumen yang menguraikan organisasi data di dalam file. Sering disingkat filespec. Jalur ...
Pengaksesan terkendali terhadap berkas yang artinya disediakannya mekanisme proteksi terhadap berkas ...
Bagian dari program yang melakukan proses akses terhadap suatu file.
Tabel yang dibuat oleh DOS dalam menentukan (1) Keberadaan suatu file dalam disk, (2) ...
Software yang digunakan untuk pengorganisasian file.
Protokol standar untuk kegiatan lalu-lintas file (upload maupun download) antara dua komputer yang ...
Sistem nomor pada UNIX yang terdiri atas tiga digit oktal yang dikorangi dari nomor serupa yang ...
Sistem operasi dapat melakukan pengolahan terhadap sistem file, diantara kemampuannya adalah dalam ...
Rutin program yang bertugas untuk menempatkan file data ke dalam alat penyimpan dengan metode ...
Disingkat dengan FTAP. Metode pengalihan file yang dibuat oleh OSI, berisi fungsi-fungsi dasar ...
Protocol Layer Application yang dikembangkan untuk menajemen dan tukar-menukar file jaringan antara ...
Disingkat dengan NTFS. File sistem Windows NT yang digunakan untuk mengorganisir dan melacak ...
File kartu.
File yang berisi catatan-catatan dari suatu aktifitas tertentu (Log)
Seri file yang telah mengalami kompresi menjadi satu file, dengan menggunakan utility LHARC.
Informasi yang termuat dalam mail message yang digunakan oleh mail program untuk melengkapi ...
File-file utama yang turut berperan untuk menjalankan suatu program. Didalam hirarki sistem file. ...
File yang digunakan oleh pemakai Internet, yang memungkinkan kita secara otomatis meloncat ke suatu ...
File yang mengandung text ASCII, sehingga tidak dapat menghasilkan gambar orang tersenyum seperti ke ...


Sebuah file disk yang secara non permanen, dipakai untuk menyimpan program atau sebagian program ...
Sebuah file yang berisi data berbeda dari sebuah file program yang berisi instruksi-instruksi yang ...
Sebuah representasi penyatuan dari beberapa database, struktur dan pohon jaringan sebagai sebuah ...
Program aplikasi dalam lingkungan Windows yang dapat digunakan sebagai buku alamat. Karena dapat ...
Disingkat dengan UFS. File system yang digunakan oleh beberapa sistem UNIX, Solaris, dan SunOS(4.2). ...
Informasi yang ada pada awal blok data dan berguna untuk memberikan sinyal awal blok, identifikasi ...
File input.
Batch file, file yang berisi setumpuk perintah atau data. Contohnya File teks yang berekstension ...
Biasanya disebut juga dengan file teks, Text-Only file, atau file teks ASCII. Sebuah ASCII File ini ...
Sebuah chip memory yang bisa menyimpan isinya tanpa memerlukan tenaga dari power supply. Biasa ...
Format File Citra. Suatu cara yang berbeda untuk menyimpan citra grafis digital. Tiap format punya ...
Transmisi banyak file sebagai hasil dari satu instruksi.
File laporan. Disebut juga dengan output file. File ini dibuat untuk pembuatan suatu laporan.
File induk. File ini selalu ada. File data yang menjadi acuan utama. Terdiri dari reference master ...
File tersembunyi di dalam hard disk, biasanya merupakan file system.

File yang tidak dapat dikenai satu jenis operasi atau lebih, biasanya, file yang tidak dapat diubah ...
Backup file, File cadangan. Salinan dari file lain yang digunakan sebagai cadangan terutama dari
Binary file, file biner, file binary, File yang berisi data-data delapan bit, biasanya file ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar